Literasi

Wawasan Baru bagi Peserta Didik Tentang Ilmu Astronomi

Foto Penulis

Ramli Kaluku

Penulis
Selasa, 21 Mei 2024

Program Bilingual Sains MTs Pembangunan Jakarta belum lama ini mengadakan kegiatan science day dengan tema Stargizing Night: Explore the Wonders of Galaxy yang dilaksanakan di Aula Mukti Ali dan lapangan Madrasah Pembangunan pada Jumat, 17 Mei 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang galaksi.

 

Peserta didik datang ke sekolah pada pukul 15.00 WIB untuk salat ashar berjamaah terlebih dahulu. Setelah itu, pembukaan kegiatan oleh MC, sambutan oleh Bapak Prof. Dr. H. Fauzan, M.A. sebagai Direktur Pendidikan Yayasan Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan dilanjutkan presentasi oleh tim GAC (Gamma Astronomical Club). Materi yang disampaikan oleh tim GAC tentang fungsi teleskop dan ilmu-ilmu astronomi.

 

Setelah salat magrib, peserta didik diarahkan oleh tim dan panitia untuk mempersiapkan diri mengikuti kegiatan observasi langit. Sebelumnya mereka diajak untuk bermain game secara bersama-sama. Setelah itu, peserta didik secara bergantian melihat bulan melalui teleskop.

 

Peserta didik begitu antusias mengikuti kegiatan Science Day karena banyak mendapatkan ilmu tentang astronomi. Aderyn Allodya Queenshi (VIII F) mengaku mendapat ilmu tentang astronomi. “Aku dapet ilmu tentang gimana cara merakit teleskop, sebelum pengamatan dijelaskan juga tentang ilmu astronomi, terkhusus teleskop yang ternyata ada dua jenis yang berbeda.” ungkap Queenshi saat ditemui (17/5). [ARS]