Literasi

Madrasah dan Sekolah Islam Pembangunan menjadi pilot project untuk program Lighthouse Samsung Indonesia

Foto Penulis

M. Ahsanul Umam, S.Pd.

Penulis
Senin, 02 September 2024

Rabu pagi (28/09/24), tepatnya pukul 09.00 WIB Madrasah Pembangunan dikunjungi oleh Mr. Goh Aik Cuan (Business Development Manager, Samsung Electronics South East Asia), Ms. Lokita Aknesia (MX B2B Education Consultant Samsung Electronics Indonesia) dan Mr. Rudy Hakeem (Founder Akademi Interactive) yang mewakili pihak PT. Samsung Electronics Indonesia, dengan tujuannya menjadikan Madrasah dan Sekolah Islam Pembangunan sebagai satu dari dua sekolah di Indonesia yang dipilih menjadi Pilot Project Program Lighthouse Samsung.


Samsung Lighthouse Program merupakan bentuk keseriusan Samsung Indonesia terhadap akselerasi digitalisasi sekolah, dimana Samsung mengirimkan Education Consultant untuk sekolah yang ditunjuk, sehingga diharapkan mampu mengakselerasi penerapan digitalisasi. Selain itu juga Samsung menawarkan learning management system berbasis AI yang memudahkan para guru untuk berinteraksi mengembangkan pembelajaran digital menjadi lebih adaptif dan interaktif.


Kunjungan tersebut diterima dan didampingi langsung oleh Prof. Fauzan selaku Direktur Pendidikan Yayasan Syarif Hidayatullah Jakarta juga Para Pimpinan Unit yang kemudian memberikan masukan dan saran terkait tantangan digitalisasi yang dihadapi. Setelah kurang lebih 2 jam pertemuan diruang rapat, pertemuan dilanjutkan dengan meninjau langsung proses penggunaan tablet samsung di kelas pada tingkat MI dan MTs Pembangunan.


"Kita berharap tindak lanjut real yang nanti bisa berdampak untuk para Guru kita, para Tenaga Pendidik kita betul-betul bisa terrealisasi dengan baik", ujar Prof Fauzan. Disesi yang lain Lokita juga mengatakan "nantinya diharapkan program Lighthouse School ini, Madrasah (dan Sekolah Islam) Pembangunan bisa menjadi perpanjangan tangan Samsung sebagai ambassador educator Samsung Teknologi Edukasi. Setelah pertemuan ini diharapkan digitalisasi di Madrasah dan Sekolah Islam Pembangunan Yayasan Syarif Hidayatullah Jakarta semakin terus membaik. [MAU]