Literasi

Ustaz Ambia Dahlan Isi Tausiah Tarhib Ramadan di MTs

Foto Penulis

Ramli Kaluku

Penulis
Kamis, 21 Maret 2024

MTs Pembangunan Jakarta baru saja mengadakan program Tarhib Ramadan pada 8 Maret 2024 di lapangan Madrasah Pembangunan. Program ini diadakan untuk menyambut bulan suci Ramadan yang sebentar lagi seluruh umat muslim akan merayakannya. Kegiatan ini diisi dengan ceramah agama/tausiah yang diutarakan oleh Ustaz Ambia Dahlan dengan tema "Jadikan Ramadan Momentum Muhasabah dan Kebangkitan Beribadah." 

 

Acara Tarhib Ramadan diawali dengan membaca Al-Kahfi bagi seluruh partisipan kegiatan yang dipandu oleh Ustaz Idham, salat duha bersama, sambutan-sambutan (ketua panitia, komite, dan direktur pendidikan), penampilan-penampilan (lagu religi dan pembacaan nadzom hidayatusshibyan), tausiah dari Ustaz Ambia Dahlan, doa, dan diakhiri dengan mushafahah peserta didik ke guru. 

 

Prof. Dr. Fauzan, M.A. menyampaikan pentingnya membuat rencana dalam menyambut bulan Ramadan. "Layaknya dalam hal belajar (yang harus menyiapkan sebuah rencana), dalam menyambut bulan Ramadan juga kita harus membuat plan atau rencana selama bulan Ramadan, seperti membaca Al-Quran lebih sering lagi, salat tarawih, zakat fitrah, dan lainnya." Ujar beliau saat memberikan sambutan (8/3).

 

Seluruh peserta didik MTs Pembangunan Jakarta diberikan berbagai pengetahuan yang bermanfaat terkait bulan suci Ramadan. Ustaz Ambia Dahlan menyampaikan isi tausiah dengan pendekatan menarik yang dapat diterima peserta didik. "Ramadan awalnya adalah bulan Al-Quran, setelah beberapa tahun baru diturunkan syariat untuk berpuasa." Ucap Ustaz Ambia Dahlan (8/3).

 

Acara Tarhib Ramadan dihadiri oleh Direktur Pendidikan Yayasan Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. H. Fauzan, M.A., Kepala MI Pembangunan Jakarta, Wahyudi, M.Pd., Kepala MTs Pembangunan Jakarta, Jaenal Mutaqin, M.Pd., para wakil kepala, dewan guru, staf kependidikan, peserta didik MI kelas VI, dan tentunya seluruh peserta didik MTs. [ARS]