Literasi

Keterlibatan Aktif Guru MTs dalam Mengikuti Workshop Pengembangan Active Learning

Foto Penulis

Ramli Kaluku

Penulis
Senin, 29 April 2024

Workshop Pengembangan Active Learning baru saja dilaksanakan di MTs Pembangunan Jakarta. Kegiatan kali ini mengusung tema “Mengembangkan Kreativitas dan Inovasi Guru yang Berkualitas”. Aula Andalusia Madrasah Pembangunan menjadi tempat berlangsungnya acara tersebut yang dilaksanakan pada 4 April 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi guru dalam mengajar.

 

Bapak Tanenji, M.A selaku Kaprodi PPG UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi narasumber pada kegiatan workshop kali ini. Narasumber memberikan wawasan terkait dengan strategi active learning yang bertujuan untuk dapat meningkatkan interaksi dan partisipasi peserta didik di dalam kelas.

 

Bapak Prof. Dr. Fauzan, M.A. mengatakan pentingnya para guru berinovasi dalam pembelajaran sehingga tidak terjadi strategi yang monoton di dalam kelas. “Dengan pengalaman narasumber, tentunya saya kira setiap guru bisa menerapkan active learning dalam pembelajaran agar strategi yang digunakan tidak monoton,” ungkap beliau saat memberikan sambutan, sekaligus membuka acara (4/4).

 

Narasumber tidak hanya menjelaskan teori mengenai active learning, juga melibatkan secara aktif seluruh komponen partisipan pada acara ini agar setiap guru mudah mencerna yang disampaikan untuk bisa diaplikasikan ke dalam proses pembelajaran. Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi motivasi guru untuk terus berinovasi dalam mengajar. [ARS]