MI Pembangunan Jakarta kembali menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan aspek spiritual dan karakter peserta didiknya dengan menggelar kegiatan penguatan spiritual yang berlangsung dari Jumat hingga Selasa, 3-7 Mei 2024. Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik kelas IV dan V dengan tema utama "Menjadi Pribadi yang Khusyuk dalam Beribadah dan Berakhlak Mulia".
Para peserta didik aktif terlibat dalam serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memperkuat kualitas spiritual mereka, termasuk praktik langsung dalam berwudhu dan shalat. Kegiatan ini tidak hanya menekankan pada aspek teknis dari ibadah, tetapi juga memberikan penekanan yang kuat pada makna dan tujuan dari setiap ibadah yang dilakukan. Salah satu poin menarik dari kegiatan ini adalah keterlibatan langsung para wali kelas dalam memantau praktek berwudhu dan shalat para siswa. Wali kelas secara aktif memberikan bimbingan dan arahan kepada mereka untuk meningkatkan kualitas ibadahnya. Untuk memberikan apresiasi terhadap upaya keras dan dedikasi para siswa dalam meningkatkan kualitas ibadahnya, setiap siswa yang dinyatakan lulus atau benar dalam praktek berwudhu dan shalat akan mendapatkan sebuah reward berupa pin. Reward ini diharapkan dapat menjadi motivasi tambahan bagi para siswa untuk terus meningkatkan kualitas ibadah dan karakter mereka.
Ketua pelaksana penguatan spiritual, Bapak Abdul Halim menyampaikan kegiatan ini sudah terlaksana selama 3 periode yang sudah terbukti membantu dalam memperkuat praktek keagamaan siswa. “Kegiatan penguatan spiritual ini dilakukan dalam rangka memetakan siapa saja siswa yang belum mampu secara menyeluruh terhadap praktik ibadah, sehingga diharapkan setelah pelaksanaannya para siswa sudah menguasai aspek aspek yang ingin dicapai”. Ujar beliau (7/5)
Dengan diadakannya kegiatan penguatan spiritual seperti ini, MI Pembangunan Jakarta tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas ibadah siswa, tetapi juga untuk membentuk karakter yang kokoh, khusyuk, dan berkarakter mulia sesuai dengan ajaran agama Islam. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi peserta didik dan lingkungan sekitarnya. [MM]
12 Sep 2024
13212 Sep 2024
9810 Sep 2024
22710 Sep 2024
22727 Sep 2024
17128 Jun 2024
139