Literasi

Langkah Kecil Menuju SD: TKIP Gelar Observasi Kesiapan Belajar Peserta Didik Kel B

Foto Penulis

Arnes Meilenda, M.Psi.

Penulis
Jumat, 31 Oktober 2025

Oleh Arnes Meilenda


YSH News Dalam rangka mempersiapkan peserta didik menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi, peserta didik Kelompok B TK Islam Pembangunan (TKIP) mengikuti kegiatan Observasi Kesiapan Masuk Sekolah Dasar, yang diselenggarakan secara klasikal pada Jumat (31/10) di lingkungan TKIP. Kegiatan ini merupakan program inovatif sekaligus uji coba perdana hasil kolaborasi antara tim Bimbingan dan Konseling (BK) TK Islam Pembangunan dan Lembaga Psikologi Widyatama.


Program ini bertujuan untuk menilai berbagai aspek perkembangan peserta didik, meliputi kemampuan kognitif, sosial-emosional, dan keterampilan motorik. Ketiga aspek tersebut menjadi fondasi penting dalam membentuk kesiapan belajar dan kemandirian anak pada tahap pendidikan selanjutnya. Selama proses observasi, setiap anak diberikan stimulus terarah melalui aktivitas yang dirancang agar dikerjakan secara alami dan mandiri, sementara tim observer dan guru BK mengamati perilaku, respons, serta kemampuan anak menyesuaikan diri dalam situasi belajar.


Kepala TK Islam Pembangunan, Ibu Euis Putri Ulandari, S.Pd, menyampaikan, “Alhamdulillah, kegiatan tes kesiapan masuk SD di TK Islam Pembangunan berjalan dengan lancar. Kegiatan ini memberikan manfaat yang sangat positif, khususnya bagi guru dan orang tua. Bagi orang tua, hasil tes ini dapat memberikan gambaran tentang tingkat kematangan anak secara menyeluruh. Banyak yang merasa terbantu dalam memahami apakah anaknya benar-benar siap secara fisik, kognitif, sosial-emosional, bahasa, dan kemandirian bukan sekadar kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung),” ujarnya.


Pentingnya kegiatan ini sejalan dengan pandangan Psikolog Elly Risman, yang menegaskan bahwa “Kesiapan anak bukan hanya tentang bisa membaca atau menulis, tetapi tentang siapnya hati dan emosi mereka menghadapi dunia belajar yang baru. Orang tua adalah madrasah pertama, tempat anak belajar percaya diri, mandiri, dan berani mencoba.”


Melalui kegiatan dan kolaborasi yang berkelanjutan, TK Islam Pembangunan berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik bagi setiap peserta didik. Harapannya, kegiatan ini dapat diselenggarakan secara rutin setiap tahun sebagai salah satu bentuk pelayanan sekolah dalam mendampingi peserta didik TK B agar siap melanjutkan ke jenjang Sekolah Dasar dengan kesiapan akademik dan psikososial yang optimal.