Literasi

Ethnic Day TKIP Bersama KOMITE

Foto Penulis

Budhi Nurcholis, S.Kom.

Penulis
Selasa, 28 November 2023

KOMITE TK Islam Pembangunan menggelar kegiatan yang bertajuk “ETHNIC DAY” bertemakan “Berbeda-beda namun Tetap Satu, Sebab Semua yang Baik Tidak Membedakan Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan”, dengan melibatkan para peserta didik, guru, Kepala Sekolah serta orangtua peserta didik di TK Islam Pembangunan. Acara ini dihadiri oleh Sub Direktur Pendidikan Yayasan Syarif Hidayatullah Jakarta, Bapak Tanenji, M.A, sekaligus menjadi Juri lomba, Senin, (27/11). 


Kegiatan Ethnic Day sebagai ajang menyemarakkan peringatan Hari Guru Nasional setiap tanggal 25 November. Oleh karena itu koordinator sekolah memiliki program serta membersamai acara HUT MP ke-50 tahun, sekaligus perlombaan pengenalan budaya Indonesia. 


Setiap masing-masing kelompok mengusung tema yang berbeda yaitu mulai dari Kelompok A1 Budaya dari daerah Sulawesi, A2 mengusung tema Sunda, A3 Dayak dari Kalimantan”. B1 Jawa Tengah, B2 Minang Sumut, B3 Betawi, dan B4 Bali. Semua orangtua murid mengajar satu sama lain dan terlibat dalam memperkenalkan kebudayaannya masing-masing mulai dari pakaian adat, makanan dan minuman khas, serta rumah adat.


Kharimah Shadiq Assegaf, Psi. selaku ketua Koordinator Sekolah TKIP mengungkapkan “Tujuan dari Program Ethnic Day yaitu untuk pengenalan budaya Indonesia sekaligus mempererat silaturahmi antar orangtua. Dengan adanya mendekorasi kelas sesuai dengan tema budaya telah disepakati sebelumnya. Kompaknya persiapan konsep acara dengan tim korlas terbentuklah kerjasama yang baik hingga terwujudnya acara Ethnic Day ini”, ungkapnya.


Kharimah menambahkan, “Alhamdulillah acara berjalan lancar, anak-anak senang mendapatkan pengalaman baru lebih mengenal budaya Indonesia. Guru juga senang memakai kostum baju adat, orangtua turut menyaksikan suksesnya berkat kerja sama satu sama lainnya. Harapannya, semoga program terus berjalan”. [tms]